PROFILE

UPT MATARAM UNIVERSITY PRESS


UPT. Mataram University Press merupakan salah satu Unit Pelayanan Teknis (UPT) di lingkungan Universitas Mataram yang kedudukannya langsung di bawah Rektor. UPT. Mataram University Press menyediakan 3 (tiga) unit pelayananan yaitu: Unit Penerbitan Buku, Unit Percetakan dan Fotocopy dan Unit Bookstore dan ATK, Yang dibangun untuk melayani kebutuhan Dosen, pegawai dan Mahasiswa untuk; menerbitkan buku-bukunya, mencetak atau mengcopy keperluan kampus dan sarana untuk menjual /menyalurkan buku yang dibutuhkan oleh semua civitas kademika Universitas Mataram serta menyediakan kebutuh alat tulis kantor bagi semua fakultas, prodi, lembaga dan unit di lingkungan Universitas Mataram. UPT. Mataram University Press dihajatkan untuk membangun Universitas Mataram dengan menerbitkan makalah ilmiah dosen atau jurnal ke dalam buku dan juga membantu universitas dalam menyediakan materi cetak yang dibutuhkan. Sesuai dengan karakteristik di dalam, unit ini adalah sebagai penerbit dan percetakan serta penyedia ATK untuk unram. Sampai saat ini, MUP telah berhasil menerbitkan 30 buku.
Visi tersebut adalah untuk membangun dan mengembangkan University Press yang mendukung pelaksanaan Tiga Tugas Pendidikan Tinggi. Misinya adalah; (1) membantu pengembangan Universitas Mataram dengan menerbitkan karya ilmiah dan jurnal ke dalam buku. (2) Sebagai unsur pendukung, unit ini membantu pelaksanaan Tiga Tugas Pendidikan Tinggi dengan mencetak materi cetak yang dibutuhkan di lingkungan Unram. MUP dikembangkan untuk melayani kebutuhan percetakan di luar Unram dengan menambahkan beberapa fasilitas, seperti mesin cetak, mesin fotokopi, mesin sreening soket listrik, dan peralatan pendukung lainnya. Kemajuan dan pengembangan MUP diharapkan dapat memenuhi kebutuhan berbagai percetakan dan untuk menerbitkan buku-buku ilmiah, khususnya di lingkungan Universitas Mataram dan umumnya, di institusi lain di luar Unram dengan standar nasional dan internasional.
Pada akhirnya, MUP bisa menjadi sumber pemasukan yang baik. Melihat prospek usaha grafika yang menggiurkan, maka unit ini memantapkan diri untuk menjadi unit bisnis strategis milik universitas. Untuk mencapainya tentu harus diimbangi dengan manajemen yang bagus serta Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih professional. Hal ini akan meningkatkan perannya sebagai perusahaan jasa produksi percetakan dan penerbitan yang dapat mendukung kegiatan UNRAM, sekaligus merupakan profit center yang memiliki daya saing. Dengan omzet yang cukup besar pengembangan layanan unit selau mendapat dukungan dan respon positif dari pihak rektorat.
Setelah UNRAM Press menempati ruang timur perpustakaan yang lebih luas, unit ini telah menambah produk pelayanannnya, di antaranya adalah penggandaan soal-soal ujian baik di lingkungan kampus maupun diluar kampus, penggandaan buku-buku ajar dan menerbitkan buku-buku teks tulisan dosen.
Ke depan UNRAM Press adalah semakin mengembangkan koneksi marketing dan distribusinya. Selain itu, penekanan akan pentingnya peluncuran sebuah karya tulis yang dipublikasikan ke khalayak oleh para dosen. Komitmen yang tinggi dari sivitas akademika tentu akan memperlancar penerbitan buku-buku ini.

Kepala UPT Mataram University Press